Yuk Kenali Berbagai Mesin Digital Printing Beserta Fungsinya

kenali jenis mesin digital printing dan fungsinya

Mesin digital printing adalah cerminan dari perkembangan teknologi yang semakin pesat di dunia percetakan. Apabila sebelumnya masih menggunakan teknik percetakan konvesional, kini percetakan Bandung sudah mengadalkan mesin basis komputer atau terkenal dengan istilah digital.

Dalam dunia percetakan, terdapat beberapa jenis mesin cetak digital. Mesin ini berpengaruh terhadap proses dalam percetakan, lho. Penasaran dengan jenis-jenisnya? Yuk, simak penjelasan berikut ini.

Mesin Plotter

Jenis mesin digital printing yang satu ini merupakan mesin cetak untuk media dengan dimensi lebar. Pada merek tertentu, mesin ini mempunyai ragam ukuran, mulai dari 1,5 meter sampai 5,4 meter.

Mesin ini mampu menghasilkan produk berupa media promosi yang bisa kamu gunakan di dalam atau luar ruangan. Misalnya, banner, spanduk, baliho, dan lain sebagainya. Harga mesin ini cukup menguras kantong, lho. Harga paling mahalnya bisa mencapai ratusan juta rupiah.

Mesin Offset Digital

Dalam dunia percetakan, teknik offset manual menjadi salah satu cara mencetak yang paling umum sejak dulu. Proses mencetak offset secara manual, bermula dengan materi cetak berada di sebuah plat dan berpindah ke media cetak.

Cara cetak seperti itu memakai tinta basah dan membutuhkan pengerinngan setelah prosesnya. Namun, setelah munculnya mesin cetak offset digital, semua proses percetakan menjadi lebih sederhana sehingga waktu mencetak pun semakin singkat.

Maka dari itu, mesin cetak digital yang satu ini sering berguna untuk mencetak dalam skala besar. Tentunya, berbeda dengan mesin inkjet printer, mesin offset digital bisa mencetak dengan media yang cukup besar dari A4 sampai A0.

Mesin Sablon Digital

Mesin yang satu ini memang tergolong baru dalam dunia sablon. Apabila dulu proses sablon masih menggunakan film sebagai media cetak, kini prosesnya langsung melalui mesin cetak digital.

Terdapat tinta khusus yang mudah menyerap pada kain bernama tinta neopigment kornit. Tidak hanya lebih cepat, tinta ini juga bisa menghasilkan cetakan yang sangat maksimal. Hasil gambarnya pun terlihat jelas dan bagus, lho.

Nah, jika kamu ingin mencetak kaos, goodie bag, atau merchandise, kamu bisa langsung menghubungi Dexa Printing Bandung. Percetakan yang satu ini dapat membantumu mencetak souvernir untuk acara pernikahan atau acara penting lainnya. 

Percetakan di Bandung yang satu ini bisa membantu menjawab semua kebutuhan acaramu, lho. Ingin tahu informasi lebih lengkapnya? Mari kunjungi www.dexaprintingbandung.com. Semoga bermanfaat!

Posting Komentar untuk "Yuk Kenali Berbagai Mesin Digital Printing Beserta Fungsinya"