5 Fakta Unik dan Menarik dari Burung Parkit

fakta menarik burung parkit
source: kompas.com

Burung parkit adalah salah satu jenis hewan peliharaan yang populer di kalangan masyarakat bersamaan dengan kucing, anjing, kelinci, hamster dan ikan. Pasalnya, burung ini terkenal akan sifatnya yang jinak dan warna bulu yang mencolok.

Akan tetapi, burung parkit tidak hanya memiliki warna bulu yang indah dan mencolok. Ada beberapa hal lain yang membuat hewan satu ini menjadi unik.

Melansir dari laman Parkit Indonesia, berikut ini adalah lima fakta unik burung parkit yang membuatnya semakin menarik. Yuk langsung saja disimak!

Warna Bulu yang Indah

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, salah satu daya tarik utama parkit adalah warna bulunya yang indah dan mencolok. Dengan warna-warna yang cerah dan kontras, burung ini mampu memikat perhatian siapa pun yang melihatnya.

Beberapa jenis parkit bahkan memiliki pola bulu yang kompleks dan menarik. Beragam warna tersebut mulai dari hijau zamrud, kuning cerah, hingga biru langit yang begitu memikat. Tidak heran ada banyak orang menyukai dan memeliharanya.

Setia dengan Pasangannya

Hewan yang masuk dalam klasifikasi ordo kelas Aves ini merupakan hewan monogami. Ketika menemukan pasangan, burung parkit akan setia dan tinggal bersama pasangannya sepanjang hidupnya.

Oleh karena itu, apabila ingin memelihara burng parkit, disarankan untuk membelinya secara pasangan.

Kemampuan Meniru Suara

Fakta selanjutnya adalah burung parkit memiliki kemampuan meniru suara manusia dan suara lingkungan sekitarnya. Hewan cerdas ini bisa mempelajari kata-kata, kalimat pendek, dan suara-suara alam dengan sangat baik.

Karena kemampuan uniknya ini, banyak burung parkit yang dilatih secara khusus untuk bisa mengucapkan beberapa kata. Bahkan, ada beberapa jenis parkit yang juga bisa memberikan komentar tanpa diminta hanya karena melihat interaksi dalam bentuk gerakan.

Keakraban dan Keterikatan Emosional

Burung parkit terkadang dianggap sebagai hewan peliharaan yang bersifat independen. Namun sebenarnya, burung ini bisa membentuk ikatan emosional yang kuat dengan pemiliknya.

Parkit seringkali menunjukkan keakraban dengan cara berinteraksi yang ramah, seperti memberikan sentuhan lembut atau merespons panggilan pemiliknya. Keterikatan emosional ini membuat burung parkit menjadi sahabat yang menyenangkan dan bisa diandalkan.

Berumur Panjang

Biasanya, burung parkit bisa berumur panjang karena hewan ini bisa hidup hingga 10 tahun. Akan tetapi, beberapa parkit ada yang bisa hidup hingga 15 tahun dengan cara menjauhkannya dari lingkungan hidup yang membuatnya stres.

Nah, itulah lima fakta unik dan menarik dari burung Parkit yang perlu diketahui. Cari tahu informasi seputar Parkit, seperti jenis-jenisnya, makanan, penyakit yang bisa menyerang burung ini dan masih banyak lagi hanya di laman parkitseo.com. Semoga bermanfaat!

Posting Komentar untuk "5 Fakta Unik dan Menarik dari Burung Parkit"