Alat Safety Wajib Saat Bekerja di Ketinggian untuk Mencegah Bahaya Jatuh

alat safety wajib saat bekerja di ketinggian
source: www.hseprime.com

Kamu mungkin pernah melihat orang yang bekerja di area ketinggian. Seperti pekerja konstruksi bangunan, memperbaiki kabel listrik dan membersihkan kaca gedung. Pekerja yang bekerja di ketinggian tentu memiliki risiko yang besar, seperti kecelakaan atau jatuh, cedera, luka serius hingga kematian.

Oleh sebab itu, para pekerja wajib diberi pemahaman terkait K3 (Keselamatan dan Kesehatan Kerja) agar bisa mengidentifikasi bahaya dan meminimalisir risiko. Maka, penting bagi setiap pekerja menggunakan alat safety proyek untuk keselamatan diri.

Berikut ini merupakan beberapa alat pelindung diri yang wajib digunakan saat bekerja di ketinggian. Yuk langsung disimak!

Safety Belt

Safety belt atau sabuk keselamatan adalah salah satu alat pelindung yang pekerja proyek sering gunakan untuk bekerja di ketinggian. Sabuk keselamatan ini digunakan dengan cara dikaitkan ke bagian pinggang pekerja, serta bagian lanyard yang dikaitkan ke anchor. Fungsinya hampir sama seperti full body harness, hanya saja tidak melindungi seluruh bagian tubuh.

Untuk pemakaian safety belt sebagai alat pelindung, tetap harus dipertimbangkan matang-matang. Sebaiknya, pekerjaan yang berpotensi membuat pekerja terjatuh dari ketinggian tidak menggunakannya.

Sebab jika terjatuh, pekerja tetap bisa mengalami cedera di bagian pinggang atau bagian tulang belakang karena posisinya tergantung meski tidak mengenai permukaan tanah.

Full Body Harness

Selanjutnya ada Full Body Harness yang didesain untuk melindungi semua bagian penting pekerja. Di antaranya panggul, dada, paha dan seluruh tubuh, sehingga membuat pekerja merasa lebih aman saat bekerja di ketinggian.

Full body harness dipakai dengan D-ring yang terletak pada bagian punggung, bisa dipasangkan pula ke komponen lain yang kompatibel seperti lanyard dan lifeline.

Shock Absorber

Shock absorber atau yang juga disebut dengan alat penahan jatuh berfungsi untuk menahan tubuh pengguna saat jatuh dari ketinggian, mencegah kerusakan dan mengurangi kekuatan tekanan pada anchor.

Biasanya, shock absorber diproduksi secara terpisah atau menyatu dengan lanyard. Alat satu ini diperkirakan bisa meningkatkan panjang lanyard hingga 1,2 meter, ketika menerima beban 100 kg dan jatuh dari ketinggian 1,8 meter.

Itulah beberapa alat safety yang wajib digunakan ketika bekerja di ketinggian. Alat lainnya meliputi lanyard, anchor point, fall arrestor, lifeline dan retractable lifeline. Kamu bisa mendapatkan semua itu di toko alat safety terdekat, salah satunya PT Aegisindo Mitra Sejati.

Distributor APD satu ini menyediakan produk yang telah bersertifikat SNI, ISO, CE dan EN, sehingga kualitasnya terjamin baik. Informasi selengkapnya bisa dilihat di laman aegisindo.co.id. Semoga bermanfaat!

# Toko Alat Safety Terdekat dan Terlengkap, termurah di Cikarang, Karawang, Bekasi, Purwakarta, Batang, Kendal, Cilegon, Subang, Cilacap, Balikpapan, Pontianak, Banjarmasin, Palangkaraya, Kalimantan, Sorong, Mimika, Manokwari, Papua, Morowali, Makasar, Mamuju, Sulawesi, Denpasar, Bali, Maluku, Lombok, Sidoarjo, Surabaya, Bandung, Jakarta, Yogyakarta, Solo, Semarang, Aceh, Batam, Riau, Pekanbaru, Medan, Padang, Jambi, Palembang, Bengkulu, Lampung, Banten #

Posting Komentar untuk "Alat Safety Wajib Saat Bekerja di Ketinggian untuk Mencegah Bahaya Jatuh"